Membuat visa Iran: VOA, transit dan harganya

membuat visa voa Iran
Formulir pembayaran visa on arrival di Teheran, Iran.

Warga negara Indonesia bisa mendapatkan Visa on Arrival (VOA) untuk mengunjungi Iran. Saya mengurus visa Iran pada September dan November 2016 di dua negara, Iran dan Armenia.

1. VOA di Bandara Imam Khomeini, Teheran

Syarat: Punya asuransi yang berlaku di Iran.

Boleh berupa asuransi internasional yang dibeli dari negara asal, dengan menunjukkan bukti premi asuransi yang sudah dicetak. Kalau tidak punya, bisa beli langsung di konter asuransi, harganya 15 dolar

Setelah menyiapkan asuransi, baru datang ke loket VOA yang buka 24 jam. Bapak petugas akan memeriksa asuransi, paspor, dan memberikan form yang harus diisi dan berapa harga visa yang harus dibayar.

Harga visa tergantung kewarganegaraan. Untuk orang Indonesia harganya 45 dolar atau 50 euro untuk 30 hari.

Setelah mengisi form, bayar ke loket. Mereka menerima euro atau dolar, dan ada kembalian. Saat mengisi form, kamu akan diminta mengisi alamat tempat tinggal saat di Iran dan nomor teleponnya. Ini penting! Kamu harus punya alamat sungguhan, karena kemungkinan besar mereka akan menelepon ke alamat tersebut untuk konfirmasi.

Saya memberikan alamat host says, tapi dia tidak mengangkat telepon. Wajar, karena saya mendarat pukul 2 dinihari. Petugas memanggil saya dan mengatakan bahwa saya tidak bisa masuk Iran karena nomor host yang saya berikan tidak dapat dikonfirmasi. Saya lalu memberikan nomor teman lain, dan untungnya dia mengangkat telepon dan mengkonfirmasi.

Jadi sebaiknya kamu sudah booking hotel sebelum tiba di Iran, setidaknya untuk hari pertama. Dan jangan lupa catat alamat dan nomor teleponnya. Di bandara tidak ada internet, jangan harap akses ke email kalau kamu lupa mencatat alamatnya.

VOA saya akhirnya diberikan setelah semua proses yang berlangsung kira-kira satu jam.

2. Visa transit di Kedutaan Besar Iran di Yerevan, Armenia

Saya butuh visa masuk Iran dari Yerevan, demi mengejar pesawat pulang ke Jakarta dari Teheran. Saya hanya butuh 1 hari, maka saya memutuskan untuk meminta visa transit yang harganya lebih murah. Untuk orang Indonesia harganya 20 dolar (jadi dalam seminggu) dan 30 dolar (untuk proses kilat 2 hari).

Syarat:
– Fotokopi paspor
– 1 foto 3×4 berwarna
– Tiket masuk ke Iran
– Asuransi

Loket visa HANYA dibuka pada hari Senin, Rabu dan Jumat pukul 14.00-16.00. Kedutaan lain mungkin berbeda, coba cari informasi dulu sebelum berangkat.

Di Yerevan, Kedutaan Iran terletak di Komita Square. Prosesnya agak ribet karena kita harus memasukkan berkas ke kedutaan, pergi membayar ke Bank Mellat di pusat kota, lalu kembali lagi ke kedutaan untuk memberikan bukti pembayaran. Agar aplikasi bisa diproses pada hari yang sama, pastikan datang awal pada pukul 14.00.

Prosesnya:
14.00 Mendaftar ke loket, petugas akan memberi tahu biayanya dan memberi form yang harus diisi.
14.15 Naik taksi ke Bank Mellat di Tumanyan St (1.000 dram)
15.00 Di bank, jangan ikut antre tapi langsung ke Customer Center dan bilang mau bayar visa.
15.40 Sampai di Kedutaan lagi, berikan bukti pembayaran dan petugas akan memberikan nota untuk mengambil paspor (yang hanya berupa coretan huruf farsi.. huft)

Dua hari atau seminggu kemudian, datang lagi untuk ambil. Juga HANYA BISA diambil jam 14.00-16.00.

Pada dasarnya, mengurus visa di Kedutaan lebih murah daripada VOA. Jadi sebaiknya kalau kamu berangkat dari Jakarta, pergi dulu ke Kedutaan untuk mengurus visa.

Semoga membantu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>