Kamu adalah traveller pemula jika…

Setelah membaca artikel tentang traveller pemula di ReadersDigest yang terkenal itu, saya jadi kepikiran mau nulis yang sama karena saya tak setuju dengan semua poinnya. Menurut saya, ciri traveller pemula adalah 8 hal di bawah ini (8 juga, biar sama). Semua nomor ini pernah saya lakukan pada tingkat tertentu :p

1. Berlebih-lebihan
Membawa banyak sekali barang dalam tas besar sampai repot sendiri. Tanda-tanda kelebihan barang adalah saat pulang, ternyata ada banyak sekali baju dan barang di tas yang tak terpakai. Ciri lainnya adalah belanja banyak sekali sampai kelebihan bagasi, kecuali kalau niatnya memang mau kulakan.

2. Dipenjara rencana

Menyusun rencana perjalanan yang sangat ambisius, lalu setengah mati berusaha menepati jadwal yang sangat padat. Misalnya ke Vietnam 4 hari tapi mau menjelajah Ho Chi Min City sampai Hanoi. CAPEK!

3. Mengambil gambar semua yang dilihat dan berpose di setiap kesempatan
Saya paling kesal kalau jalan-jalan dengan tipe orang semacam ini, apalagi jika dia kemudian…

4. Langsung mengupload foto-foto tersebut di atas di media sosial, secara real time, dilengkapi kultwit dan check in.
Yaelah bro. Perjalanan itu bukan sepakbola, nggak perlu siaran langsung. Kalau nggak bisa besok, updatenya nanti saja waktu duduk santai di kafe, atau di dalam bis.

5. Membanding-bandingkan dengan perjalanan orang lain.
“Wah kamu nggak ke Monas, berarti belum ke Jakarta!” — padahal orang Jakarta juga banyak yang belum pernah ke Monas. Perjalanan bukan kompetisi, terserah kamu mau pergi ke mana, tidak pergi ke tempat yang sama dengan orang lain bukan berarti perjalananmu lebih menyenangkan atau lebih tidak menyenangkan.

6. Merasa terintimidasi dengan pesan “jangan lupa oleh-oleh ya”
Waktu habis untuk mencari oleh-oleh saat di tempat wisata, padahal terpaksa. Kalau memang mau membawa oleh-oleh, boleh. Kalau nggak mau, males, nggak ada anggaran, oleh-olehnya foto aja ya.

7. Bangkrut ketika pulang
Ingat bahwa setelah liburan yang sangat menyenangkan ini masih ada tiga minggu sebelum gajian.

8. Oversharing
Setelah sebuah perjalanan ke Singapura yang sangat menyenangkan, si pejalan pulang kembali ke tanah air. Percakapannya:
Temannya: Eh lapar nih, makan siang apa ya?
Pejalan: Wah kalau di Singapur jam segini aku makan kari. Di Singapur itu banyak kari enak.
Temannya: Ada sih kari enak di sini, tapi di Casablanca. Macet banget
Pejalan: Di Singapur itu asik nggak pernah macet. Naik MRT tinggal tap aja. Liat nih kartu EZ link aku. Lucu ya?
Temannya: Iya iya. Yuk makan.
Pejalan: Tapi bayarin ya. Uangku udah habis buat belanja di Mustafa.

2 thoughts on “Kamu adalah traveller pemula jika…

  1. nambahin dong, mbaaa… bawa baju yang ngehits abis biar selalu keceh difoto.. hakhakhak.. dan mulai misah-misahin “kelas”: turis dan backpacker. Ishhhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>