Bertahan Hidup dari Serangan Zombie di Jakarta

Bersiap menghadapi virus (Resident Evil) zombie, atau ada bencana biologis, sangat penting. Zombie bisa muncul kapan saja, menyebar dengan cepat tanpa kita pernah duga.

Beberapa film bisa jadi referensi, tapi kebanyakan film dibuat di negara maju dengan kondisi sangat  berbeda dari lingkungan tempat tinggal kita di ibukota negara dunia ketiga. Berikut ini tips untuk bertahan hidup dan hal yang harus dilakukan:

1. Jangan ikut arus
Bayangkan suatu hari Jumat, hujan, dengan jalanan yang penuh dengan galian. Jakarta bahkan diperkirakan akan macet hingga tahun depan. Melarikan diri lewat jalan raya artinya macet tanpa bisa bergerak. Saat serbuan zombie dimulai, mereka yang terjebak kemacetan akan menjadi mangsa empuk para zombie. 

2. Tak ada koordinasi terpusat
Staf Khusus Presiden bidang Bencana Andi Arief pernah meramalkan gempa dan tsunami akan segera terjadi di Jakarta. Meski meyakini hal itu, dia tak melakukan tindakan apapun untuk mengungsikan warga atau mencegah kerusakan. Jadi jika bencana zombie terjadi, jangan harap ada tempat pengungsian atau tindakan khusus dari pemerintah.

3. Tentukan ke mana akan menuju
Tidak ada Center for Disease Control seperti di serial The Walking Dead yang bisa jadi tujuan. Hal ini berkaitan dengan tak ada koordinasi terpusat (lihat nomor 3). Badan Nasional Penanggulangan Bencana sepertinya belum bisa menangani bahaya senjata biologis (duh, webnya aja lamban banget). Terus bergerak sambil merencanakan tujuan. 

4. Pasokan makanan
Sebagian besar bahan makanan di Indonesia berasal dari impor, mulai dari beras, garam sampai terong dari Thailand. Tanpa pasokan dari luar, ketersediaan makanan akan sangat terbatas. Jika sudah menemukan tempat persembunyian untuk jangka waktu agak lama, usahakan menanam sayuran sendiri.

5. Riset
Anggaran penelitian kita cuma 0,3 persen dari APBN. Ilmuwan dibayar rendah, kemajuan riset masih terbelakang. Lupakan harapan bahwa ilmuwan akan menemukan penawar atau obat untuk mengatasi kegilaan ini. Bertahanlah saja sambil berharap para zombie akan mati karena tak dapat menemukan sumber makanan.(28 Days Later, 28 Weeks Later)

6. Tergantung dengan bahan bakar fosil. 
95 persen energi dipenuhi dari bahan bakar fosil, yang akan makin terbatas jumlahnya dalam kekacauan. Hematlah energi, terutama jika bepergian dengan kendaraan.

7. Waspadai aksi kriminalitas
Kompas 31 Oktober membahas aksi kriminalitas di Jabodetabek yang meningkat drastis pada 2011 . Saat serangan zombie terjadi, kondisi akan menjadi sangat kacau, dan bisa dimanfaatkan oleh orang-orang jahat. Jangan mudah percaya dan menggantungkan diri pada orang asing.

Siapkan ransel darurat, senjata, dan ingat bahwa kardio sangat penting (Zombieland). Jangan panik dan selamat berjuang!

 

One thought on “Bertahan Hidup dari Serangan Zombie di Jakarta

  1. Terima kasih banyak atas sarannya. Artikel ini membuka pikiran saya tentang penelitian dari pemerintah. Duh, berarti kita harus berjuang sendiri? baiklah, terima kasih cyapila. Posisimu sekarang di mana? masih di Jakarta juga? Saya di Jakarta Selatan masih menunggu pertolongan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>