Libur hari kerja

Dulu waktu kerja di Tempo, semua hari adalah hari kerja dan semua hari juga bisa menjadi hari libur. Kami punya jadwal khusus yang memastikan semua orang libur dua kali sepekan dan juga memastikan setiap hari selalu ada berita. Akibatnya libur kami tak teratur. Misalnya, pada satu pekan saya bisa libur Senin dan Sabtu. Pekan depan libur Kamis dan Jumat.

Sekarang libur hari kerja sudah sangat jarang bisa dinikmati, kecuali kalau cuti. Ajaibnya, besok Senin ditetapkan sebagai hari libur di kantor untuk mengganti libur Waisak yang jatuh hari Ahad. Mewah!

Pilihan, pilihan, apa saja yang bisa dilakukan?

1. Melakukan hal-hal formal yang tak bisa dilakukan hari libur.
Pergi ke bank, buka rekening reksadana, mengurus e-KTP, mengurus visa, sidang surat tilang, general check up, memperpanjang sim. Apalagi ya?

2. Bermain ke tempat-tempat wisata
Saya pernah pergi ke Kebun Raya Bogor pada hari kerja, sepinya luar biasa. Hanya ada saya dan para pekerja yang sedang merawat taman. Keretanya juga sepi! Selain itu, Dufan pasti bebas antri (tapi jangan ajak saya ke Dufan. Trauma.) bisa juga ke Ragunan atau ke Waterboom untuk meluncur sepuasnya di perosotan.

3. Janjian makan siang dengan teman
Berencana makan siang dengan teman tapi tak jadi-jadi karena males kemrungsung? Meskipun teman kita bekerja, kita bisa pergi ke mal dekat kantornya lalu mengajak dia makan siang dengan santai. Ini bisa dipadukan dengan ke salon atau ke tempat pijat yang harganya lebih murah ketika jam kerja. Sebelum makan siang pijat dulu atau nyalon dulu lalu ketemu teman dengan cantiknya ;)

4. Nonton film
Film keluaran terbaru biasanya banyak diminati dan antriannya panjang. Beda kalau nontonnya siang hari. Saya dan teman-teman pernah nonton siang hari pada hari kerja dan menguasai seluruh teater di Pasific Place hanya untuk kami berlima.

5. Wawancara kerja
Ini sih pengalaman pribadi (haha). Bolos kerja untuk wawancara di tempat lain adalah hal tak terpuji. Jika beruntung, seharusnya Anda bisa minta wawancara kerja itu dilakukan saat sedang libur di hari kerja. Seperti yang pernah saya lakukan setahunan yang lalu di Coffee Bean Pasific Place. Uhuk.

Atau pergilah kemanapun yang kamu pengen pergi tapi biasanya malas karena kalau weekend macet dan ramai. Sesederhana pergi ke taman kota terdekat dan membaca buku yang sudah lama tidak pernah selesai itu sambil makan es krim.

2 thoughts on “Libur hari kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>