Rusli Zainal Sang Visioner. Yakin?

Manusia bisa lupa, tapi Google tidak pernah lupa. Semua yang pernah ditulis tentang seseorang atau suatu hal akan tersimpan rapi dalam jaring-jaring mesin pencari paling mumpuni itu. Jumlahnya, ribuan, jutaan, tak terbatas. Orang-orang berlomba untuk muncul di halaman pertama pencarian, antara lain dengan Search Engine Optimization atau SEO.

Saya baru tahu bahwa ada sebuah lomba SEO dengan tema, Rusli Zainal Sang Visioner. Saya ragu, para peserta lomba mengerti apakah Rusli Zainal visioner atau tidak. Pokoknya, pemenang lomba adalah laman yang akan berada di urutan puncak daftar pencarian Google saat kata kunci itu diketikkan, lebih lanjut bisa dibaca di laman http://seo.bertuah.org.

Benarkah Rusli Zainal seorang visioner? Mudah saja menemukan jawabannya di Google. Ketikkan namanya dan akan muncul 158 ribu hasil telusur Google.

Klik gambar untuk memperbesar, gambar diambil 22 Juni. Dari 158 ribu entry itu, laman terdepan telah dipenuhi oleh puji dan puja para peserta lomba terhadap pak Rusli tentang ke-Visionerannya. Tapi coba gali lebih dalam sisi lainnya.

Apakah puja-puji itu layak?

Hingga saat ini, pengusutan bekas Gubernur Riau Rusli Zainal dalam kasus dugaan korupsi penerbitan izin kehutanan masih belum tuntas. Saat terakhir kali saya menanyakan kelanjutan kasus ini kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mereka menyatakan masih terus menelusuri dugaan keterlibatan Rusli dalam kasus yang merugikan negara triliunan rupiah ini.

Kalangan aktivis lingkungan Riau, seperti Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), Jaringan Pekerja Penyelamatan Hutan Riau dan Greenpeace juga telah mendesak agar kasus ini diusut tuntas. Rusli diduga mengeluarkan surat izin penebangan hutan yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Akibat kasus ini, Bupati Kabupaten Pelalawan Riau, Azmun Jaafar telah dihukum 11 tahun penjara oleh Pengadilan Tingkat pertama. Saya mengikuti sidang vonis itu dan mendengar pernyataan Azmun yang meminta agar Rusli ikut bertanggung jawab. Menurut Azmun, Rusli yang ikut mengesahkan Rencana Kerja Tahunan harus turut dinyatakan bersalah.

Kebenarannya, memang masih harus dibuktikan secara hukum, itu urusan KPK. Tapi kita sebagai blogger, setelah mengetahui dua sisi tersebut, bisa memilih. Mengutip buku Mas Ndoro, blogger harus tetap bersandar pada hati. Monggo. Kalian pilih mana?

*soal Google dan SEO, saya sih berharap tulisan ini bisa menempati halaman pertama Google juga hihihi*

ps: gambar dari webnya greenpeace saat aksi di depan KPK tentang kasus ini.

26 thoughts on “Rusli Zainal Sang Visioner. Yakin?

  1. kekekekeke….
    saya termasuk yang menuliskan bahwa rusli zainal seorang visioner tapi di akhir tulisan saya sertakan kalimat: “setidaknya itu yg dikatakan riau.go.id”

    -doh-

  2. oh, iki dadi semacam pembelaan timnya rusli ya?

    jyan. politikus itu memang pada suka ngawur. dan para pemain SEO itu, penipu yang tak kalah pinternya. huh!

  3. duhh… apa mau nya sih bikin lomba SEO kayak ginian ?… seharusnya Riau bisa lebih hebat dari sekarang..tanpa rusli

  4. riau daratan sekarang diselimuti oleh asap tebal hasil pembakaran hutan/lahan. Ini terjadi rutin tiap tahun lho…masak guberbur yang katanya visioner itu gak tuntas nyelesaikan masalah ini ?

  5. positive thinking:
    penyelenggara lombanya keteteran tampaknya. ke depannya para penyelenggara lomba harus lebih berhati2 memilih objek yang dilombakan, jangan yang sedang kena kasus. :D

    negative thinking:
    ah, pasti mau mencari dukungan juga supaya citranya bersih dari kasus yang sedang terjadi. >:)

    -salam kenal mba cya, foto2nya di blognya bagus mba. :D

  6. waduh bener-bener semangat ni ikutan kontes, hantam terus ya semangaaatt. kalao saya kek nya emang gak bakat di kontes SEO hiks. sudah action extra lumayan tapi makin gak jelas ae. tanpa terasa kurang beberapa hari kedepan kontes bakal berakhir tuh, ayo ayo semangattTt. yang terpenting bukan kemenangan akhir. tapi bagaimana kita mampu menerapkan SEO dalam meraih penghasilan dengan blog melalui bisnis online. bagaimana kita mengeruk penghasilan dan mendatangkan pengunjung sebanyak-banyak nya dari SEO. karena inilah tujuan utama SEO yang sifatnya kontinue alias terus menenerus.

    oia ditunggu sedekah komentar berkualitasnya dalam tulisan ini yaa…cheers..

  7. i bookmarked this! looking for updates.. Hello, sry for my bad english but Ih ave observed your web page and would say that I locate your posts great since they have give me new suggestions and new aspects. Many thanks for this details. awesome more please more please.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>